Geografis Desa

<a href=”http://

“>Peta Desa Pilangwetan

Desa Pilangwetan adalah merupakan salah satu dari 14 (empat belas) desa di kecamatan kebonagung kabupaten demak, dan yang letak desanya paling selatan 5 Km dari Ibu kota kecamatan, 28 Km dari Ibukota kabupaten dan 32 Km dari Ibukota Provinsi. Secara geografis desa pilangwetan berada pada jalur atau jalan semarang – purwodadi KM 32 sehingga sangat strategis dan juga berada disamping sungai tuntang sehingga sangat baik untuk pertaninan dan juga rawan banjir Ketika musim penghujan tiba. Desa Pilangwetan juga merupakan desa yang berbatasan langsung dengan kabupaten grobogan. Seluruh warga masyarakat desa pilangwetan beragama islam (muslim).
Letak Geografis Desa Pilangwetan.
Batas Desa
Batas-batas wilayah desa sebagai berikut :
a. Sebelah Utara : Desa Kebonagun, Kec. Kebonagung,Kab. Demak
b. Sebelah Selatan : Desa Gubug, Kec. Gubug, Kab. Grobogan
c. Sebelah Timur : Desa Tinanding, Kec. Godong dan Desa Kemiri, Kec. Gubug, Kab. Grobogan
d. Sebelah Barat : Desa Pranten, Desa Baturagung, Kec. Gubug, Kab. Grobogan
Luas Wilayah : 196,545 Ha
a. Pemukiman : 25 Ha
b. Sawah : 128 Ha
c. Ladang / Tegalan : 43,545 Ha
Pembagian Wilayah
Jumlah dusun di Desa Pilangwetan sebanyak lima dukuh, yaitu :
a. Dukuh Gedangan
b. Krajan Pilangwetan
c. Dukuh Polaman
d. Dukuh Janggan
e. Dukuh Dempel
Terdiri dari 5 RW dan 15 RT
Kondisi jalan.
Kondisi jalan di Desa Pilangwetan hamper 95% sudan beton atau cor, dengan panjang jalan hampir 5 Km bahkan sudah banyak yang dibeton ulang, sekarang sudah menginjak ke Jalan Usaha Tani (JUT) dan jalan penghubung untuk menghubungkan antar dukuhan atau jalan alternatif atau jalan baru sebagai jalan untuk penataan pemukiman dan juga penghubung antar kampung atau gang. Hampir semua jalan beton atau cor sudah bertalut.
Jumlah penduduk
a. Jumlah penduduk : 2190
– Laki-laki : 1071
– Perempuan : 1089
b. Jumlah Kepala Keluarga : 694 KK
– Laki-laki : 1086 KK
– Perempuan : 1104 KK
Bidang pemerintahan
Program kerja Pemerintah Desa Pilangwetan dibilang penyelenggaraan urusan pemerintah desa setiap tahunnya selalu mengacu dan berdasarkan pada ketentuan-ketentuan tentang penyelenggaraan Pemerintah Desa, dengan menekankan pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang mampu melaksanakan program kerja Pemerintah Desa di bidang penyelenggaraan umum Pemerintah Desa, Kepala Desa dibantu oleh stafnya yaitu Sekertaris Desa, Kaur Umum, Kaur Keuangan, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan Serta Kadus.
Dan dengan dukungan Lembaga desa yang ada diantaranya BPD, LKMD dan RT / RW yang saling bersinergi untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat.
Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) diupayakan untuk meningkatkan pendapatan asli desa sendiri disamping itu juga dalam pelaksanaan pembelanjaan desa dilakukan secara efisien dan berdasarkan pada pelaksanaan pembelanjaan desa dilakukan secara efisien dan berdasarkan pada Rencana Strategis Desa (RESTRADES) dengan terus melakukan penghematan belanja barang.